Download POS Akreditasi Sekolah 2018 SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK PDF Terbaru 2018

Prosedur Operasional Standar POS Akreditasi Sekolah 2018 secara resmi sudah dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional sekolah/Madrasah sebagai perwujudan pelaksanaan akreditasi untuk jenjang SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK tahun 2018. Prosedur Operasional Standar mengatur teknis dan prosedur secara keseluruhan yg terdapat dalam Akreditasi Sekolah/Madrasah dengan tujuan melakukan Evaluasi Diri Sekolah (EDS).

POS  Akreditasi Sekolah 2018
POS Akreditasi Sekolah 2018


Sebelum sekolah/madrasah melaksanakan akreditasi terlebih dahulu perlu memahami isi dari POS Akreditasi Sekolah 2018, agar nantinya dalam pelaksanaan tidak mengalami kesulitan. Berikut ini beberapa penjelasan terkait POS Akreditasi Sekolah 2018. Dan untuk lebih lengkapnya bisa didownload pada pembahahasan akhir artikel.

Penetapan Sasaran Akreditasi Sekolah/Madrasah
BAN-S/M menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran yng akan diakreditasi di setiap provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yg belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang. BAP-S/M perlu melakukan validasi terhadap daftar sekolah/madrasah sasaran untuk memastikan bahwa sekolah/madrasah yang akan diakreditasi memenuhi persyaratan dan memiliki kesiapan untuk diakreditasi.

Penetapan Sekolah/Madrasah Sasaran Visitasi Dan Penugasan Asesor

Isian instrumen akreditasi yang telah diterima BAP-S/M perlu dievaluasi untuk menentukan kelayakan dan menetapkan sekolah/madrasah yang akan divisitasi sesuai kuota yg tersedia. Apabila sekolah/madrasah yg layak melebihi kuota, BAP-S/M menunjuk/menetapkan sekolah/madrasah yang divisitasi sesuai ketentuan. Selanjutnya BAP-S/M menugaskan asesor untuk melakukan visitasi ke sekolah/madrasah sasaran.

Visitasi Ke sekolah/Madrasah
sekolah/madrasah yang sudah ditetapkan kelayakannya harus divisitasi oleh asesor untuk diakreditasi yang ditugaskan oleh BAP-S/M. Visitasi adalah suatu kegiatan klarifikasi verifikasi isian pada instrumen atau perangkat akreditasi, dokumen dan data pendukung serta penelitian terhadap kondisi riil/nyata pada sekolah/madrasah.

Validasi Proses Dan Hasil Visitasi
Laporan visitasi akreditasi yng disampaikan oleh asesor perlu ditindaklanjuti dan divalidasi, untuk menjamin proses kebenarannya berupa hasil akreditasi dapat dipertanggungjawabkan dan kredibel.

Verifikasi Hasil Validasi Dan Penyusunan Rekomendasi
Setelah validasi proses dan hasil visitasi, BAP-S/M melaksanakan verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi. Kegiatan ini dilakukan agar penetapan hasil akreditasi benar-benar objektif sesuai dengan keadaan sekolah/madrasah.


Penetapan Hasil Dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah

Hasil dan rekomendasi akreditasi sekolah/madrasah ditetapkan melalui rapat pleno yang dihadiri oleh anggota BAN-S/M. Rapat pleno menetapkan hasil akreditasi melalui surat keputusan tentang hasil akreditasi sekolah/madrasah yng dilaksanakan setiap tahun.
Rekomendasi yang disusun berdasarkan hasil akreditasi disampaikan kepada pihak terkait untuk dimanfaatkan dalam perencanaan perbaikan mutu pendidikan.

Penerbitan Sertifikat Akreditasi Sekolah Dan Rekomendasi 

Rapat pleno BAP-S/M yang dilaksanakan menetapkan hasil akreditasi dan rekomendasi melalui surat keputusan. Dalam surat keputusan tersebut terlampir data seluruh sekolah/madrasah yng telah diakreditasi, baik yang terakreditasi maupun tidak terakreditasi.
Sebagai bukti status, nilai, peringkat, dan predikat akreditasi, sekolah/madrasah memperoleh sertifikat akreditasi.


Demikian tadi POS Akreditasi Sekolah 2018 yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan sukses akreditasi tahun 2018. semoga artikel tentang POS Akreditasi Sekolah 2018.