Matrix kelas x

MATRIKS –  adalah  satu cabang pengetahuan yang terdapat pada disiplim ilmu Matematika. biasanya diterapkan kedalam beberapa disiplin ilmu.dengan menggunakan matriks matematika kita juga dapat menyelesaikan pertidaksamaan garis lurus atau Linier. seperti halnya cabang ilmu dalam Matemtika didalam Matriks  pun digunakan Operasi yang sama yaitu Penjumlahan, Pengurangan , Perkalian, dan Pembagian.

contoh di atas dalah salah satu contoh Operasi yang ada didalam Matriks
ada beberapa keuntungan bisa dapat ketika  mempelajari matriks salah satunya adalah  akan dapat menyelesaikan persamaan linier tiga variabel dengan lebih mudah.namun disini kita harus mengerti terlebih dulu istilah atau jenis jenis matriks matematika seperti matriks matematika yang didalamnya hanya berisi angka nol dan angka satu.

Matriks dalam matematika merupakan kumpulan bilangan, simbol atau ekspresi berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris serta kolom. Bilangan-bilangan yang ada didalam  suatu matriks  dianggap  elemen serta dianggap juga anggota dari salah satu matriks . Contoh matriks matematika dengan 2 baris dan 3 kolom yaitu sebagai beserta yuang lain

Matriks matematika banyak dipergunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematika misalnya dalam mendapatkan solusi masalah persamaan garis lurus, transformasi linear yakni ukuran umum dari fungsi garis lurus contohnya rotasi dalam 3 dimensi. Didalam maternya  terdapat operasi seperti halnya aljabar seperti perkalian, pembagian, pengurangan, serta penambahan. Nah operasi operasi inilah yang mesti kita pahami agar kita dalam memanfaat kan matriks bias diajukan dadlam beberapa disiplin ilmu  lainnya

Ketika kita masih duduk dibangku SD atau bangku SMP  tentu belum mendapatkan materi matriks , tetapi kalau kita sudah menginjakan diSMA atau sederajat, materi  matematika menjadi salah satau materi terpenting karena matriks sini bias kita manfaatkan dan dapat kita gunakan untuk beberapa lingkung materi selain matematika , bias dalam materi kedokteran dan lain sebagainya.

Dulu ketika kakak mendapat materi tersebut untuk awal mula kakak merasa asing dengan materi ini. Sehingga, sangat membutuhkan waktu leboih dalam mempelajarinnya. Namun disini lagi-lagi butuh ketelitian dan kecermatan dalam menempatkan pemngolahan tataletak matriks , khusunya ketika operasi atau perkalian yang ada dalamnya matematika, kita tidak diperbolehkanuntuk salah dalam meletakan kolom maupun baris. Dalam menjodohkan perkalian juga kita harus teliti kolom yang mana dengan baris yang mana. Jangan sampai terjadi penulisan yang tidak tepat antara kolom dan baris. Perlu didingat pula ketika mengoprasi perkalian maeri ini  kita harus tahu ordo awal sebelum dikalikan dengan ordo akhir ketika didapat hasil perkalian jangan sampai hasilnya tidak sesuai, missal ordo 2 dikali ordo 2 menghasilkan ordo 3.

Nah itu segelintir hal bisa kakak dapat ketika awal mempelajari  matematika di SMA