MENENTUKAN BESAR SUDUT TRIGONOMETRI



Adek adek sekalian bagaimana sih cara menentukan besar suudut dengan menggunakan prinsip dasar trigonometri. Nah ini akan kakak jelaskan mengenai cara menentukan besar sudut dengan prinsip dasar trigonmetri. Namun, disini adek adek perlu tahu bahwa besaran sudut yang nanti kita cari memerlukan alat bantu calculator.
www.mathdas.com

 Iya betul alat bantu kalkulator… eiiitsss jangan berprasangka buruk dulu disini yang akan kita cari adalah bukan semua sudut -udut istimewa, kalo sudut istimewa mungkin sudah adek anggap mudah itu. 

Addek-adek sebelum masuk pada bagaimana menentukan besar sudut, kakak mau berbagi pengalaman mengenai istilah dalam trigonometri atau bisa juga disebut rumus trigonometri
Yang pertama sindemi
apa itu sindemi ??? itu istilah sederhana yang menyatakan bahwa nilai sin adalah besar sisi depan di bagi dengan besar sisi miring. Hasil dari pembagian tersebut merupakan hasil sin sudut tersebut.
Yang kedua cosami
apa itu cosami ??? itu istilah sederhana yang menyatakan bahwa nilai cos adalah besar sisi samping  di bagi dengan besar sisi miring. Hasil dari pembagian tersebut merupakan hasil cos sudut tersebut.
Yang pertama tandesa
apa itu tandesa ??? itu istilah sederhana yang menyatakan bahwa nilai tan adalah besar sisi depan di bagi dengan besar sisi samping. Hail dari pembagian tersebut merupakan hasil tan sudut tersebut.
Mungkin masih membingankan ya… ini lebih jelasnya




 















 Nah untuk mendapat nilai miring kita gunakan rumus phytagores Seperti ini






Untuk mempermudah kita gunakan salah satu saja kita pilih tan
Dengan menggunakan calculator kita cari tan yang nilainya mendekati nila 2,67
tan 69,50 =2,67
maka sudut a =69,50








Dengan menggunakan calculator kita cari tan yang nilainya mendekati nila 0,37
tan 20,50 =0,37
maka sudut a =20,50
sedangkan untuk sudut c sebagai acuan sudut utama yaitu 900  
Nah demikian adek-adek cara sederhana dalam menentukan besar sudut dalam trigonometri
Terima kasih…