Tak Memiliki Gelar, Pria China Pecahkan Soal Rumit Matematika


NEWS -  Berhasil memecahkan persoalan matematika yang rumite itulah kehebatan seorang pekerja migran asal China yang tidak memiliki gelar didunia pendidikan.
Yu Jianchun sapaan akrab dari pria yang mengaku seorang imigran dari china, kegemarannya tentang angka-angka menjadikannya tertarik untuk menemukan dan membukukan metode-metode alternative  dalam memverifikasi Carmichael numbers  sering juga disebuat angka-angka  Carmichael, demikian seperti info yang didapati CNN, Senin (18/7/2016).

BACA JUGA

Carmichael numbers adalah bilangan prima semu yaitu bilangan dengan anggapan mendekati prima.sering sekalia dideskripsikan sebagai "pseudo primes" pada umumnya dia ini memainkan peranan penting di bidang ilmu komputer dan ilmu keamanan informasi.

Menyelesaikan soal matematika dengan begitu cerdasnya membuatnya mampu  memukau para akademisi. Komentar-komentar yang muncul dari mereka kebayakan adalah proses pemecahan soal yang dilakukan Yu itu memiliki tingkat efisien yang lebih baik jika berbanding sema cara-cara tradisional yang serng dilakukan para akademisi.
"Itu merupakan solusi yang sangat imajinatif," ujar profesor matematika di Zhejiang University, Cai Tianxin.

"Ia sama sekali tidak mengikuti pelatihan teori angka dan juga kelas matematika tingkat tinggi sebelumnya. Akan tetapi Yu miliki adalah insting yang sensitifitas tinggi terhadap nilai ataupun angka," ujarnya.
Yu menyelesaikan persoalan matematika disela-sela  waktu luangnya, saembari membangun rumah barunya pada tahun lalu di kampung halaman.
"Aku sangat bahagia, karena cara penyelesaianku sangat berbeda dari alogaritma klasik," ucap Yu.

Penemuan Menggembirakan
Seorang matematikawan pada University of Missouri yang menggeluti bidang Carmichael numbers, William Banks, menyebut bahwa pemecahan yang dilakukan Yu apabila diverifikasi lagi maka menjadi penemuan menggembirakan di bidangnya.
Ia berkata, pada 20 tahun lalu satu-satunya penyusunan rumpun tak terhingga barisan Carmichael numbers dilakukan olehs seorang akademisi.

Yu berujar kalau hasil ini merupakan hasil dari seluruh variasi dengan team yang saya punya. Karna ada tambahan-tambahan secara teoritis yang disumbangkan kawan-kawan dalam hal ini.
Yu mencoba mempublikasikan pemecahan matematika yang dia dapat diseminar pascdasarjana universitas Cai Zheijiang University, hal oini dilakukannya atas undangan dari slah satu dosen atau rector disana. Pada kesempatan itu juga Yu tidak sendiri karena masih ada 4 materi soal yang iya publikasikan pemecahannya.

Apa yang yu dapatkan bukanlah usaha tanpa perjuangan. Karena sebelumnya yu sudah mengirimkan beberapa Surat kepada slah satu Ilmuan matematika di china delapan tahun yang lalu. Hal ini iya perbuat agar apa yang iya temukan bias mendapatkan pengakuan dari dunia matematika
Dan dikemudian hari yu akan mencoba mempublikasikan penemuannya tentang pememacahan masalah matematika atau soal matematika itu kedalam sebuah buku..